Pages

Ads 468x60px

Selasa, 05 Juli 2011

Tips Membuat Ruang Usaha yang Menarik dan Nyaman



Mungkin hanya ruang kecil atau sekedar tempat menyimpan mesin faks yang Anda butuhkan. Seseorang pernah mengatakan bahwa 3 rahasia keberhasilan bisnis adalah lokasi, lokasi dan lokasi. Apabila Anda bermaksud mengembangkan usaha dengan memindahkan ruang usaha Anda, simak tips Joanna Hughes akan menguraikan gaya tempat usaha yang tepat saat ini:
1. Berikan Kemudahan. Ingat, pelanggan dan karyawan. Apakah kantor baru itu mudah diakses dengan kendaraan umum atau hanya taksi? Jika pelanggan datang ke kantor Anda, apakah mereka bisa menemukannya dengan mudah? Apakah ada tempat parker yang murah dan layak? Apakah ada pusat perbelanjaan dan tempat makan tambahan bagi pegawai di saat makan siang atau bahkan jika mereka bekerja lembur? Apakah ada fasilitas toilet yang memadai baik bagi pria maupun wnita? Apakah pegawai wanita akan merasa aman bekerja sampai larut malam di kantor Anda?
2. Pengembangan Ruang. Pindah kantor barangkali mengeluarkan banyak uang. Apakah lokasi baru Anda memngkinkan untuk diperluas? Mungkin saat ini bisnis Anda tidak terlalu menggembirakan tapi ketika terjadi peningkatan, Anda harus siap mengembangkannya.
3. Jaringan Kabel. Jika Anda tergantung pada IT perhatikan pemasangan kabel. Pemasangan kabel yang tidak memadai dapat menyebabkan kegagalan system, membuat pusing, dan mungkin saja ada kesempatan yang hilang akibat konekstifitas yang lamban. Carilah teknisi listrik untuk memeriksa sirkuit sebelum Anda menandatangani sewa lokasi baru.
4. Citra itu Perlu. Ada beberapa alasan mengapa perusahaan yang paling berkembang ada di bagian paling maju dari kota. Inilah yang disebut citra. Jika citra penting bagi perusahaan Anda –dan memang seharusnya penting- maka pertimbangkanlah citra ‘protokol’ dengan alamat dan gedung yang sesuai dan seperti apa Anda ingin dipandang.
5. Kemasan Dalam. Bagi pekerja yang bekerja efisien, mereka perlu memiliki pencahayaan yang memadai, ventilasi, dan meja serta kursi. Pasanglah karpet untuk menyembunyikan ketidakrapian. Tapi di sisi lain, karpet juga sulit dijaga kebersihannya dan dapat menimbulkan masalah bagi pegawai yang alergi debu dan asma. Disini Anda juga harus memikirkan langkah antisipasinya. Warna juga bisa membantu dalam memanipulasi produktivitas kerja: kuning sdipercaya bisa menstimulasi berpikit, sementara biru memberikan efek menenangkan, dsb.
6. Sekat Pemisah. Dinding penyekat yang lebih rendah, dapat menciptakan ilusi ruang bagi pekerja dan memberikan keleluasaan pribadi. Sementara penyekat tinggi memberikan perasaan seolah mereka sedang berada dalam maze. Banyak perusahaan yang kembali ke bentuk tradisional, yang secara ideal akan memberikan kesempatan labih banyak bagi kerja tim dan keterbukaan.
7. Kendalikan Kondisi. Mereka yang percaya feng shui atau Hong Shui mengatakan bahwa tempat berantakan akan menghalangi arus qi. Bahkan jika tidak mempercayai aturan kuni, Anda tetap harus merapikan kantor, bukan? Doronglah para pegawai untuk menjaga kebersihan agar meja mereka tetap rapi, baik barang pribadi ataupun barang yang berhubungan dengan pekerjaan. Dan pastikan juga bahwa kantor dibersihkan secra menyeluruh setidaknya satu kali sehari. Lebih penting lagi jika pegawai Anda sering bekerja lembur dan makan di atas meja kerja.
8. Sudut Kantor. Supervisor membutuhkan ruang pribadi  untuk rapat perencanaan dan untuk member nasihat kepada pegawai. Namun, beberapa bos kini menemukan bahwa garis antara sudut kantor dan sisa kantor sudah sangat tidak jelas, khususnya ketika tingkatan manajemen semakin datar. Ruang rapat kecil digunakan untuk kebutuhan yang dulu dibatasi pada keperluan bos, namun kini para bos mulai bekerja di dekat timnya. Substitusikan meja kerja panjang dengan meja individual, atau kerumuan meja daripada deretan rapi. Anda akan menyadari bahwa energi kerja berjalan lebih baik dengan suasana non tradisional.

0 komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...